oleh

Bahaya Narkoba, Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Laksanakan Komsos Dengan Warga

Asahan | Masyarakat memahami dan berterima kasih atas himbauan Babinsa demi kesehatan dari dampak narkoba terhadap warga binaannya. Dalam hal ini Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu L. Siringo-ringo turun kewilayah binaan untuk melaksanakan Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) diwarung Kopi Pak Candra Silalahi bersama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk memberikan arahan/ himbauan agar selalu tetap waspada terhadap dampak bahayanya narkoba dan menjaga kesehatan diri selalu, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun 10 Desa Bandar Pasir Mandoge Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan, Minggu (14/03/2021).

Dalam Komsos Babinsa Koramil 05/Serbelawan melalui warga binaan menghimbau warga agar selalu tetap waspada terhadap dampak bahayanya narkoba dan menjaga kesehatan diri, selain itu juga tetap mengikuti protokol kesehatan supaya menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir.

Pada kesempatan tersebut Babinsasa menjelaskan, Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 22 tahun 1997). Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009). Narkotika digolongkan menjadi tiga golongan sebagaimana tertuang dalam lampiran 1 undang-undang tersebut.

Narkoba (singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis, terang Sertu L. Siringo-ringo.

News Feed