Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bantu Warga Masyarakat Binaan Tingkatkan Hasil Panen Kunyit

Simalungun  |  Dalam rangka mendukung swasembad pangan yang ada diwilayah desa binaan dengan tujuan supaya hasil yang akan di panen oleh warga masyarakat binaan meningkat, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Dolok Pardamean jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Julhalim turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan membantu warga masyarakat binaan selaku petani membersihkan tanaman kunyit yang ada diwilayah binaan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Desa Butu Bayu Pane Raja Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun, Minggu (03/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa Serda Julhalim dengan melaksanakan kegiatan Komsos dan membantu petani  memanen hasil taninya yaitu kunyit, Babinsa memberi motivasi agar selalu semngat dalam bertani demi perekonomian yg mapan dan ketahanan pangan.

Guna mensukseskan program Pemerintah dalam bidang Ketahanan Pangan, merupakan salah satu peran Babinsa melakukan pendampingan terhadap petani di suatu Desa atau Kampung wilayah binaan. Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Serda Julhalim dalam memberikan pemahaman kepada petani guna melakukan perawatan terhadap tanaman kunyit, salah satunya dengan rajin mencabut rumput yang mengganggu tanaman di sekitar lahan. “Jika tanaman kunyit tersebut tidak terganggu oleh rumput, pastinya tanaman kunyit menjadi lebih subur, dan hasil panen akan mengalami peningkatan secara signifikan guna meningkatkan perekonomian petani dan masyarakat Desa,” ujar Babinsa Serda Julhalim.

Sementara itu pemilik kebun sayur sangat berterimakasih dengan adanya Babinsa yang datang aplikasi langsung ke lapangan, dalam mendampingi sekaligus membantu petani

dalam program Ketahanan Pangan. “Dengan pendampingan Babinsa terhadap para petani di suatu Desa atau Kampung, diharapkan dapat meningkatkan hasil panen dan produktifitas pertanian, khususnya di wilayah Binaannya” ujar Babinsa Serda Julhalim.

Tentu, Babinsa (Bintara Pembina Desa) dapat membantu warga dalam proses panen kunyit. Sebagai anggota TNI AD yang bertugas di wilayah perdesaan, tugas utama Babinsa adalah membantu masyarakat dalam berbagai hal, termasuk pertanian. Untuk panen kunyit, tutup Babinsa Serda Julhalim.

Pos terkait