Pendampingan Pemotongan Sapi Qurban Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan

Asahan  |  Langkah antisipasi sebelum datang vaksin, ulangi pengobatan antibiotik dan anti inflamasi. Bersihkan kuku sapi yg luka dgn air dan biarkan kering kemudian semprot dengan obat topikal yang ada anti lalatnya (gusanek,  limoksin spray, iodin + anti lalat). Sering gertak sapi untuk bisa berdiri supaya mau makan dan minum dan menghindari lebam kulit yg bisa jadi jalan infeksi sekunder sehingga dapat memperparah kondisi ternak sapi. Usahakan kandang dalam kondisi kering dan bersih, Semprot kandang selalu dengan desinfektan, Culing sapi yg kondisi berat (kuku lepas/ kurus gak mau bangun lagi). Terus berkoordinasi dengan dinas terkait apabila ada gejala gejala PMK dan melaporkan setiap kejadian PMK. Semua usaha sudah kita lakukan maka menyerahkan semuanya kepada Allah SWT semoga wabah PKM segera bebas dan Indonesia menjadi negara yang bebas PMK seperti tahun- tahun sebelumnya.

Dalam hal ini seperti halnya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/Air Batu jajaran Kodim 0208/Asahan Peltu Sofiansah Sitorus turun kewilayah binaan untuk turut serta melaksanakan kegiatan Pendampingan pemotongan sapi Qurban di sekitar Mesjid Besar Al-Huda, bersama dengan Ketua panitia Qurban Bapak Jasmi, Wakil Ketua Panitia Qurban Bapak Kayanto, Ketua BKM Masjid Alhuda Bapka Sugeng, Tokoh Agama Bapak Ismail (pemotong), Tokoh masyarakat Bapak Rizal Lubis, Warga Sei Alim Hasak yang ikut dalam kelompok Qurban dan Babinsa Desa Sei Alim Hasak Peltu Sofiansah Sitorus, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Desa Sei Alim Hasak Dusun II Kecamatan Sei Balai Kabupaten Asahan, Minggu (10/07/2022).

Bacaan Lainnya

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut dengan hasil yang di capai, untuk panitia membagi 8 kelompok Qurban, dengan 8 ekor sapi dan 1 kambing, satu kelompok di peruntukkan tujuh orang. Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT , terciptanya hati yang ikhlas menyerahkan apa yang kita punyai dalam segala aspek kehidupan ini kita serahkan kepada sang Khalik Allah SWT.

Pos terkait