Serahkan Bendera Pataka, Pengurus Partogam Toba Resmi Dilantik

Toba  |  Pengurus Partogam (Parsadaan Toga Manullang) Kabupaten Toba secara resmi deklarasi dan dilantik oleh Ketua Umum Partogam Sumut Dr. Sanco Simanullang, S.T, M.T, IPM ASEAN Eng, Kamis (18/5/2023).

Deklarasi dan pelantikan dilakukan di rumah Op Grisella Manullang di Porsea, Kabupaten Toba, Sumatera Utara mulai pukul 14.00 hingga 18.30 WIB berlangsung meriah dan sukses. Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan Pataka dari Ketua Umum Partogam Sumut kepada Ketua Partogam Toba Laoranto Simanullang, S.Pd.

Hadir pada acara pelantikan tersebut Sekretaris Umum Partogam Sumut, Bontor Simanullang, S.Sos, MSP, mewakili Partogam Medan Anggiat Simanullang dan mewakili Partogam Siantar Simalungun Helder Simanullang.

Ketua Partogam Toba Laoranto Simanullang, S.Pd menyampaikan apresiasi kepada pengurus Partogam Provinsi Sumatera Utara yang datang deklarasi dan melantik pengurus Partogam Toba. “Kami sangat mengapresiasi Partogam Provinsi Sumut,” kata Laoranto.

 

Menurutnya, untuk membentuk suatu kumpulan atau organisasi bukan pekerjaan yang mudah, dibutuhkan kerja keras dan komitmen bersama-sama. Kendati marga Simanullang hanya satu namun memiliki latang belakang berbeda pula. “Membentuk sebuah punguan (organisasi) adalah pekerjaan yang sangat sulit, kenapa, karena berbagai macam latar belakang. Hanya satu kita marga Simanullang tapi latar belakang kehidupan tentu berbeda,” ujar Ketua Partogam Toba Laoranto Simanullang, S.Pd dalam kata sambutannya.

Begitu juga, ia menyadari dari dahulu seperti apa status ekonomi dan pendidikan tentu banyak perbedaan diantara keturunan marga Simanullang. Oleh karena itu, berkat adanya organisasi Partogam yang terbentuk maka keluarga besar Simanullang dapat menyatukan hati supaya seiring sejalan dalam wadah tersebut. “Tadinya kita tidak saling mengenal, kadang hanya mendengar kabar ada berpangkat, sukses bahkan susah, tapi kita tidak mengenal karena tak ada yang menjembatani, berkomunikasi melalui wadah atau organisasi di lingkungan Simanullang,” tukasnya.

Oleh karena itu, dengan terbentuknya Partogam Toba dan dipercaya menjadi Ketua memiliki beban serta tanggung jawab yang sangat besar. Karenanya, ia mengajak seluruh pengurus khususnya Kabupaten Toba untuk bekerja bersama dan saling bahu membahu sesuai dengan visi misi Partogam.

Laoranto mengatakan atas kepercayaan diberikan kepadanya mengaku tidak bisa bekerja sendiri tanpa pengurus lainnya di Partogam Toba. “Saya tidak akan mampu bekerja sendirian kecuali kalau bersama-sama dengan kalian. Jika ingin Partogam Toba ini bangkit maka jangan biarkan saya sendiri karena saya tidak akan mampu memikul tanggung jawab sendirian,” ungkapnya.

Diketahui, visi Partogam adalah untuk mewujudkan tingkat kesejahteraan keturunan marga Simanullang (anak, boru, bere, Ibebere) yang lebih baik melalui kualitas manusia yang lebih tinggi, peningkatan ekonomi, dan semua bidang menjadi marga terbaik dari kekuatan marga Batak dan Indonesia.

Sedangkan misi Partogam adalah antara lain;

  1. Pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mendorong pembangunan ekonomi warga Partogam secara berkelanjutan.
  3. Pemantapan tata kelola dan ketahanan organisasi.

Susunan pengurus Partogam Toba sebagai berikut:

Ketua : Laoranto Simanullang, S.Pd

Sekretaris : Ramsus Simanullang, S.Pd

Bendahara :

  1. Julius Manullang. S.Pdk
  2. Bibelvrow Nurmian Simatupang

Penasehat :

  1. Robert Manullang
  2. Hendri Manullang

Bidang Adat : Indo Manullang, S.pd

Bidang Kerohanian :

  1. Pdt Pantas Manullang
  2. Julius Manullang, S.pdk

III. Bibelvrow Nurmian Simatupang

Humas dan Multimedia : Riri Manullang

Bidang Pemberdayaan Wanita : Dosma Manullang, S.Pd.

Pos terkait