Penyuluhan Dan Pembinaan Kepada Kader KB Dan PKK Kelurahan Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan

Asahan  |  Dalam rangka agar terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju, mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hokum dan lingkungan, dalam hal ini seperti halnya yang dilakukan Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kisaran jajaran Kodim 0208/Asahan Serka Syafriaman turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan pembinaan kepada Kader KB dan PKK Kelurahan, bersama dengan Lurah Bapak Rahaman, Sh, Seklur Ibu Azmira dan Kader KB serta PKK Kelurahan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Aula Kantor Lurah Kelurahan Siumbut Baru Jalan Budi Utomo Kecamatan Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Jumat (24/06/2022).

Dalam mencapai target – target yang telah ditentukan BKKBN bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah dengan PKK, kerjasama dengan PKK ini dituangkan dalam sebuah kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya yaitu yang disebut dengan HKG PKK KB Kesehatan. Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan merupakan intensifikasi peran PKK dalam program KB Nasional dan Pembangunan Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu dengan lintas sector, terangnya.

Dengan melihat ke belakang Program KB pada awalnya dimulai tahun 1957 yang dilaksanakan oleh PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) sebagai lembaga swasta. Pada tahun 1969 Program KB dilaksanakan oleh LKBN (Lembanga Kelurga Berencana Nasional) dan tahun 1970 sampai sekarang dilaksanakan oleh BKKBN. Dalam jangka 40 tahun ditangani pemerintah, program KB telah melembaga dan membudaya di masyarakat. Prolem utama saat ini jumlah kelahiran relative rendah tetapi menunjukkan ada kecenderungan meningkat dari 1,8 menjadi 1,9. Disamping itu secara kualitas masih perlu perhatian karena sesuai hasil HDI (Human Development Indeks) yang mencakup bidang pendidikan, kesehatan, dan pendapatan, DIY masih harus mendapat perhatian serius, terangnya.

Pos terkait