Bangkitkan Semangat Gotong Royong, Dilaksanakan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bersama Masyarakat

Simalungun  |  Kegiatan gotong royong ini bertujuan memperbaiki/membersihkan parit disisi jalan yang sudah dipenuhi oleh sampah dan lumpur, sehingga apabila turun hujan, air selalu meluap ke badan jalan. Akibatnya jalan menjadi terendam dan dikhawatirkan lama-kelamaan akan merusak permukaan jalan menjadi berlubang. Guna memudahkan aliran air tatkala hujan turun serta memperindah kampung, untuk itu seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Perdagangan jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Sutikno turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Gotong-royong dalam rangka membersihkan kiri kanan jalan dan Parit tersebut bersama warga binaan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Bandar Betsy II Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun, Sabtu (25/06/2022).

Dalam pelaksanaan kegiatan Gotong-royong dalam rangka membersihkan kiri kanan jalan dan Parit tersebut bersama warga binaan tersebut turut serta dihadiri oleh, Pangulu bandar Betsy II Bapak Subhan, Babinsa Serda Sutikno, Bhabinkamtibmas Bripka Supri Helmi, Ketua Maujana Bapak Zulham, Para Gamot dan Warga masyarakat Nagori Bandar Betsy II.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Sutikno juga menghimbau kepada masyarakat agar kita semua selalu memperhatikan dan membersihkan lingkungan kita. Supaya dapat mencegah hal-hal yang dapat merugikan seperti sampah yang bertumpuk dalam parit yang mengakibatkan jalan menjadi terendam apabila turun hujan. Selain itu banyaknya sampah dan genangan air dapat menimbulkan sarang penyakit, seperti bertelurnya nyamuk demam berdarah dan lain-lain. Dikatakannya, parit drainase tersebut mengalami kedangkalan akibat tanah dan pasir yang terbawa air saat hujan turun. “Apabila dibiarkan, saluran drainase dapat tumpat dan menyebabkan air menggenang di badan jalan sehingga dapat merusak jalan,” ungkapnya.

Babinsa juga tampak berjibaku dengan warga masyarakat sekitar, dengan penuh semangat, tumpukkan tanah dan pasir dikeluarkan dari dalam parit drainase. Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Sutikno bersama masyarakat desa binaannya melaksanakan aksi gotong-royong untuk membersihkan parit lingkungan jalan perkampungan untuk memperlancar aliran air agar tidak terjadi banjir, dan juga agar warga selalu menjaga kebersihan agar tidak mudah terserang penyakit. Dalam kegiatan gotong-royong tersebut, menjadi seorang Babinsa harus berada di tengah-tengah masyarkat serta harus mampu berbaur dengan masyarakat desa binaannya, sehingga diharapkan dapat membantu memecahkah permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat, Babinsa merupakan garda terdepan satuan Komando Kewilayahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dan ini salah satunya wujud nyata kegiatan yang dilakukan Babinsa dalam membantu masyarakat”, ungkap Babinsa Serda Sutikno.

Dalam kegiatan gotong royong ini yang melibatkan masyarakat dengan tujuan untuk mewujudkan hidup sehat dan juga untuk menumbuhkan kebersamaan diantara seluruh lapisan masyarakat. “Pembersihan parit kami lakukan bersama ini untuk menjaga kebersihan kampung, juga untuk memperlancar saluran air, sehingga air yang ada tidak tergenang yang bisa menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak yang akhirnya dapat menjadi penyakit”, tutup Babinsa Serda Sutikno.

 

 

Pos terkait