Tingkatkan Kamtibmas, Personel Koramil 14/Raya Kodim 0207/Simalungun Berikan Himbaua Kepada Warga Lewat Komsos

Simalungun  |  Sering terdengar tentang kasus pembobolan dan pencurian barang berharga yang terjadi pada rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh keluarga karena melakukan liburan. Terutama dalam suasana Natal dan penyambutan Tahun Baru serta libur sekolah. banyak warga yang melakukan perjalanan bersama keluarga, banyak rumah-rumah yang ditinggalakan dalam waktu beberapa hari, kosong tak berpenghuni untuk beberapa waktu. Rumah kosong dengan pengamanan yang kurang maksimal merupakan sasaran empuk bagi mereka para pencuri, berdasarkan pengalaman serta keadaan dan situasi saat ini, salah satu personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/Raya jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Darlijon Purba meringankan langkah untuk hadir dan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan Pangulu dan Aparat Desa, kali ini kunjungan yang dilakuan Babinsa bertujuan untuk melaksanakan kegiatan Komsos dalam rangka menghimbau kepada warga Binaan untuk meningkatkan sistem keamanan desa, kegiatan tersebut terlaksana di Kantor Pangulu Nagori Bintang Mariah Kecamatan Dolok Masagal Kabupaten Simalungun, Minggu (01/01/2023).

Pada kesempatannya, Babinsa menginformasikan beberapa hal, terkait peningkatan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas) menjelang Natal dan tahun Baru. dalam pertemuan yang dilaksanakan Bersama Pangulu Bintang Mariah, Bapak Bangun TM Damanik beserta Aparat Desa (Apem), Babinsa menyampaikan agar Aparat Desa memberikan instruksi kepada warga binaan untuk mewaspadai orang asing atau orang yang tidak dikenal, bukan merupakan warga Nagori Bintang Mariah, datang pada saat perayaan Natal Dan Tahun Baru. Sebaiknya dilakukan pengawasan dan koordinasi antara Apem dengan warga, kata Babinsa.

Bacaan Lainnya

Selain itu, komsos ini juga bertujuan memberikan himbauan kepada masyarakat, apabila warga masyarakat binaan yang melaksanakan kegiatan Mudik, Sebaiknya memperhatikan dengan seksama dan menigkatkan pengamanan Rumah,babinsa juga menghimbau agar tetap mengunci pintu dengan benar, juga memperhatikan jendela dan bagian dalam rumah yang dapat menjadi celah pencuri masuk, begitu juga barang-barang berharga, sebaiknya disimpan di tempat yang benar-benar aman dan jika diperlukan menambah pengamanan rumah dengan kunci ekstra atau berkonfirmasi dengan petugas keamanan desa, tutup Babinsa Sertu Darlijon Purba.

Pos terkait