Sosialisasi Arsip Kabupaten Asahan, Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Turut Mengahdirinya

Asahan  |  Untuk memberikan pengetahuan tentang arsip diwilayah binaan, Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/Air Batu jajaran Kodim 0208/Asahan Serda RH. Nasution jajaran Kodim 0208/Asahan turut serta menghadiri kegiatan Sosialisasi tentang Arsip Kabupaten Asahan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Balai Desa Air Teluk Hassa Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan, Rabu (17/03/2021).

Dalam pelaksanaan Sosialisasi tersebut turut juga dihadiri oleh Dinas Arsip Kabupaten Asahan, Bapak Sunardi S.Sos Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip, Ibu Nurarmansyah SE,MSi Kabid Arsip, Ibu Nurlailawati Kasi Arsip, Kades Air Teluk Hessa Bapak Fajaruddin M, Babinsa Koramil 12/Air Batu Serda RH. Nasution.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut Serda RH. Nasution mengungkapkan Pengertian arsip adalah catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi dengan berbagai macam bentuk yang dibuat oleh lembaga, organisasi maupun perseorangan dalam rangka pelaksanaan kegiatan. Arsip dapat berupa surat, warkat, akta, piagam, buku, dan sebagainya, yang dapat dijadikan bukti sahih untuk suatu tindakan dan keputusan. Dengan adanya perkembangan teknologi, arsip dapat berbentuk audio, video dan digital.

Mengingat jumlah arsip yang semakin banyak dibuat dan diterima oleh lembaga, organisasi, badan maupun perseorangan maka diperlukan manajemen pengelolaan arsip yang lebih dikenal dengan sistem kearsipan melalui beberapa pekerjaan atau kegiatan untuk mengelola arsip yang ada.

Pengertian kearsipan adalah pengelolaan catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi yang memiliki nilai kegunaan dengan teratur dan terencana baik itu arsip yang dibuat maupun diterima, agar mudah ditemukan kembali jika diperlukan. Sistem kearsipan yang diselenggarakan secara optimal akan memperlancar kegiatan dan tujuan lembaga, organisasi, badan maupun perseorangan. Dalam kegiatan tersebut hasil yang dicapai Para peserta merasa senang karena sdh mendapatkan pengetahuan tentang arsip, terang Serda RH. Nasution.

Pos terkait