Rapat Mediasi Tentang Permasalahan Lahan Tanah Turut Serta Dihadiri Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

  • Whatsapp

Simalungun  |  Jaga keamanan dan ketertiban di wilayah binaan, maka dari itu Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Tiga Runggu jajaran Kodim 0207/Simalungun Serma Darwis dan Babinsa Serda Ricky Sitorus bersama Personil Polsek Purba, Lurah dan RT Kelurahan Tiga Runggu turun kewilayah binaan untuk turut serta menghadiri rapat mediasi tentang permasalahan lahan tanah diwilayah binaan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kantor Lurah Tiga Runggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Rabu (04/08/2021).

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Serma Darwis dan Babinsa Serda Ricky Sitorus bersama Personil Polsek Purba, Lurah dan RT Kelurahan Tiga Runggu turut serta membantu penyelesaian sengketa batas tanah warga diwilayah Kelurahan Tiga Runggu demi terjaganya keamanan diwilayah tersebut. Sebagai aparat teritorial, Babinsa mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial di Desa binaanya, serta berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, dalam hal ini Serma Darwis dan perangkat Desa menyelesaikan sengketa tanah antara warga binaan. “Mediasi ini dilakukan guna mencegah timbulnya perselisihan antar warga yang dapat semakin meluas, dan mengatasi permasalahan dengan musyawarah sehingga dapat diselesaikan secara kekeluargaan tanpa keributan,” ungkap Serma Darwis.

Bacaan Lainnya

Dengan adanya rapat mediasi ini, permasalahan sengketa tanah dapat diselesaikan secara damai, masing-masing pihak dapat menerima keputusan secara lapang dada sehingga masalah batas tanah ini tidak sampai ke ranah hukum atau meja hijau, tutupnya.

Pada kesempatan itu juga Lurah Tiga Runggu mengaku, keberadaan Babinsa di Desa kami sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul di tengah masyarakat, sehingga permasalahan dapat diredam dan tidak menimbulkan konflik massa,saya juga mengucapkan terima kasih kepada kedua belah pihak yang bermasalah, atas kerja samanya permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik dan damai, pungkasnya.

Pos terkait