Personel TNI Di Wilayah Korem 022/PT Secara Terus Menerus Di Ingatkan Tentang Netralitas TNI Pada Pemilu 2024.

Pematang Siantar – Dalam rangka menghadapi Pemilu Tahun 2024, Korem 022/Pantai Timur menggelar Sosialisasi Netralitas TNI guna mengingatkan seluruh Prajurit dan PNS di wilayah jajaran Korem 022/PT agar senantiasa  tidak terlibat dalam Politik Praktis bertempat di Aula Pantai Timur Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Senin. (27/11/2023).

Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Agustatius Sitepu , S.Sos. M.SI., M.Han,  yang diwakili Kasrem 022/PT Letnan Kolonel Inf. T. Yoppy Chandra Atmaja Hutasoit, S.E. meyampaikan Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI, sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI. Pada pasal 39 disebutkan bahwa prajurit TNI antara lain dilarang terlibat dalam kegiatan menjadi anggota partai politik dan kegiatan politik praktis.

Sebagai wujud nyata dalam mengemban amanah UU tersebut, TNI telah memberikan kontribusi positif dan ikut serta dalam membangun kehidupan berdemokrasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan kontribusi TNI dalam mendukung dan mengawal agenda demokrasi nasional, khususnya dalam Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pilkada yang berlangsung selama ini.

 

Kontribusi kita selama ini adalah memberikan bantuan kepada Kepolisian dengan berpedoman pada prinsip hukum yang berlaku, dengan tetap memegang teguh komitmen Netralitas TNI sebagai wujud partisipasi kita dalam menjamin sukses dan kelancaran jalannya Pilpres yang akan datang.

Jangan terlibat dalam konstelasi politik menjelang Pilpres 2024 yang dapat mengganggu fokus dalam pengamanan Pilpres, dan selalu peka dengan perkembangan situasi di wilayah masing-masing.

Untuk itu, saya ingatkan kembali  kepada seluruh prajurit agar tetap berpegang teguh Netralitas TNI. Apabila ada yang melanggar komitmen tersebut, sanksinya jelas, akan diproses secara hukum. Dengan demikian pertahankan dan tingkatkan hal-hal yang sudah baik selama ini, karena Netralitas TNI merupakan Hal yang Mutlak dan tidak bisa di tawar – tawar.”Ujar Danrem.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain  Kasrem 022/PT, Kasiops Korem 022/PT, Kasiter Korem 022/PT, Para Pasi Korem 022/PT,  Para Kabalakrem 022/PT dan  seluruh Personel Korem 022/PT.

 

 

 

 

Pos terkait