Personel Koramil 06/Pdg Kodim 0207/Simalungun Laksanakan Marharoan Bolon Bersama Para Pangulu, Apem Dan Warga

Simalungun  |  Budaya adalah kekayaan yang diwariskan para pendahulu kita, yaitu Para nenek moyang. Dalam setiap kebudayaan yang diwariskan, tersirat segala petuah, segala maksud dan tujuan positif, mengajarkan bagaimana tata cara berkehidupan beradab dan penuh moral, kesopanan, sosial, serta menghormati sesama, bahkan budaya sejak lama telah mengajarkan kita bagaimana cara untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cara bergotong royong. Budaya adalah harta yang akan mengalir, dari satu generasi, ke generasi berikutnya, selama kita berusaha mencinta dan menjaga, mewariskan kepada mereka,para penerus muda. Hal inilah yang mendasari dan menginspirasi personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Perdagangan jajaran Kodim 0207/Simalungun Serma Sutrisno dan Serda Sutikno untuk melaksanakan Kegiatan Marharoan Bolon Bersama Para Pangulu, dSekdes dan Perangkat Nagori, serta warga Binaan, kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun, Minggu (25/12/2022).

Marharoan Bolon merupakan Kalimat yang berasal dari Bahasa Batak Simalungun. Secara harafiah Marharoan Bolon terdiri dari dua Suku Kata, Marharoan berarti bekerja  dan Bolon berarti Besar, jadi jika diartikan pemaknaan Marharoan Bolon adalah bekerja besar. Yang dimaksud bekerja besar disini adalah kegiatan menyelesaikan suatu pekerjaan besar yang dilakukan masyarakat simalungun secara Bersama-sama. hal ini merupakan Budaya yang telah dilaksanakan dan diterapkan dan diwariskan suku Batak Simalungun sejak zaman dahulu. jadi,dengan kata lain, marharoan bolon yang dimaksud disini adalah kegiatan gotong royong yang dilaksanakan masyarakat Batak Simalungun. Pada kesempatan ini Babinsa dan bekerja sama dengan para Pangulu dari beberapa Nagori, beserta Aparat Desa, Ibu-Ibu dari PKK dan bahkan Ibu Ida Royani Damanik, S.Pd.M.AP yang merupakan Camat beserta Staf Kecamatan Bandar Masilam Turut Ikut serta melaksanakan Kegiatan Marharoan Bolon.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini memberikan pemandangan luar biasa. Dimana Para Peminpin daerah beserta Warga ikut melaksanakan Kegiatan Marharoan Bolon ini.  Kata Babinsa Serda Sutikno Sembari berhenti Sejenak. Kegiatan marharon bolon ini dilaksanakan sepanjang jalan Nagori Bandar Silou sampai Nagori Bandar Masilam. Mulai dari memotong rumput dari bahu jalan, membersihkan parit, mengumpulkan sampah, dilakukan Bersama-sama. inilah Budaya Kita, Budaya gotong-royong, tolong menolong, menyelesaikan pekerjaan yang berat terasa ringan, kata Serma Sutrisno.

Pos terkait