Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Pantau Stok Dan Harga Daging Sapi Menjelang Idul Fitri

Asahan  |  Menjelang Idul Fitri banyaknya permintaan daging sapi membuat Babinsa Koramil 16/Pulau Rakyat jajaran Kodim 0208/Asahan, Sertu Mahdian dan Serda Ilham S Koto melaksanakan pemantauan dan Pendekatan kepada pedagang daging Sapi Bapak Tansa (36) dan Hendra (45) di Warung kopi Bapak Heri (56) guna untuk mengetahui harga daging Sapi Menjelang Hari raya Idul fitri 1442 H. Giat tersebut bertempat di Pulu rakyat Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Pulu rakyat, Kabupaten Asahan, Rabu (12/05/2021).

Mengingat permintaan daging sapi yang terus meningkat, Sertu Mahdian dan Serda Ilham S Koto meminta masyarakat untuk tidak perlu merasa khawatir akan ketersediaan daging sapi untuk pemenuhan kebutuhan lebaran. “Masyarakat tidak perlu khawatir, dari hasil kunjungan tim kami terpantau ketersediaan daging sapi dipastikan cukup hingga lebaran nanti,” tambahnya. Pihaknya memastikan kondisi ketersediaan pasokan dan harga daging sapi aman usai melakukan kunjungan ke tempat pedagang sapi Bapak Tansa.

Bacaan Lainnya

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemantauan kondisi atas ketersediaan daging sapi yang berada di wilayah Kabupaten Asahan. Tercatat dari hasil pantauan ketersediaan daging sapi berada pada kondisi aman. Terjadinya variasi harga, menurut dia tergantung dari kondisi dan kualitas sapi itu sendiri, serta biaya jasa pemotongan yang juga berbeda di setiap tempat.

Sertu Mahdian menyampaikan bahwa “Harga daging sapi memang diramalkan akan terus mengalami pergerakan seiring naiknya permintaan dari masyarakat, namun kenaikan tersebut masih dalam batas yang wajar. Untuk di Kecamatan Pulo Rakyat misalnya, pada hari biasa rerata jumlah sapi yang dipotong per hari sebanyak 35 ekor namun mendekati lebaran diprediksi akan terjadi peningkatan sebesar 7-8 kali lipat atau sekitar 250 ekor sapi akan dipotong untuk memenuhi permintaan konsumen” jelas Babinsa. Terjadinya kenaikan harga daging menjelang Idul Fitri, menurut pedagang daging karena harga daging sapi hidupnya yang sudah mahal. Namun menurut pengakuan pengelola sali dari segi ketersediaan sapinya cukup, hanya memang harga sapi hidup sudah naik, sehingga harga daging di pasar eceren juga mengalami kenaikan. Sementara itu pada tingkat distributor, daging sapi yang terdapat pada cold storage merupakan daging sapi beku impor yang berasal dari berbagai negara.

 

 

Pos terkait