Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Manfaatkan Waktu Luang Ikut Serta Dalam Perawatan Tanaman Jagung

Asahan | Dengan pengecekan serta pendampingan secara rutin dan intensif oleh para Babinsa, maka pertumbuhan tanaman jagung yang di tanam petani akan semakin bagus dan diharapkan panen jagung juga akan semakin meningkat. Upaya tersebut untuk menjaga keberhasilan program swasembada pangan, termasuk swasembada jagung. Mengingat untuk mensukseskan program swasembada pangan, tidak hanya padi dan kedelai saja, namun jagung juga sangat berpotensi meningkat di wilayah.
Dalam kesempatan tersebut seperti halnya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Suheriyono turun kewilayah desa binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan masyarakat, Babinsa memberikan Edukasi Tentang Penanaman jagung dengan kacang tanah ataupun cabai dapat menjadi pilihan yang ideal dalam penerapan pola tanam tumpangsari dan lebih Efisien dalam pemanfaatan Lahan Pertanian, pendampingan ketahanan pangan (Hanpang) membantu Masyarakat memberikan Pupuk Pada Tanaman Jagung Jenis Pioneer dan membersihkan tanaman jagung agar tetap subur dan hasil produksi panen semakin meningkat, kegiatan ini bertujuan agar terjalin hubungan yang baik antara TNI-AD khususnya para Babinsa diwilayah, bersama dengan Ibu Rina Br Sitorus dan Ibu Deva Br Sinurat, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun VI Desa Suka Makmur Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan, Minggu (16/06/2024).
Dengan melaksanakan Pendampingan Hampang jenis tanaman Jagung Pioneer, kegiatan ini Bertujuan untuk Membersihkan Lahandan Pemberian Pupuk pada Tanaman Jagung Pioneer agar dapat Meningkatkan Produksi dan Mengurangi Hama pada Tanaman Jagung Pioneer tersebut, untuk menjaga keberhasilan program swasembada pangan pemerintah termasuk swasembada jagung, sebagai Babinsa saya langsung turun membantu petani, mengecek keadaan tanaman yang selama ini sudah dilaksanakan untuk di data dan segera dilaporkan agar bisa ditindak lanjuti dengan cepat apabila ada kendala, contoh perawatan tersebut salah satunya dengan mengecek kesuburan tanaman serta membersihkan rumput liar di sekitaran tanaman jagung ini. Babinsa mengatakan dalam kesempatan itu,beliau juga turut menjelaskan pengaruh rumput liar pada tanaman. Selain akan menghambat pertumbuhan tanaman, rumput ini juga akan memikat dan menimbulkan hama tanaman seperti ulat daun, “rumput ini kalau tidak segera dibersihkan akan didatangi ulat daun dan tanaman Jagung ini akan ikut dirusak oleh ulat juga. Sehingga rumput liar ini harus segera dibersihkan, “ungkap Babinsa Serda Suheriyono.

Pos terkait