Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Bersama Pegawai Puskesmas Laksanakan Pemeriksaan Tensi, Gula, Darah, Asam Urat Dan Lain-lain

Asahan  |  Untuk menjalin hubungan yang baik dan Mempererat Hubungan kerjasama yang Harmonis antara Babinsa dan warga desa binaan, Personel Bintara Pembina Desa (Babisa) Koramil 15/Bandar Pulau jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Aprianto turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan (Tensi,gula darah,kolesterol,asam urat dan penyakit lainnya) terhadap masyarakat bersama dengan personel Puskesmas Rahuning, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun 2 Desa Rahuning 1 Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan, Minggu (14/02/2021).

Pemeriksaan gula darah, asam urat dan tekanan darah, serta edukasi kesehatan tentang obesitas di Dusun 2 Desa Rahuning 1 Kecamatan Rahuning sebanyak 17 orang pegawai untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap warga masyarakat desa binaan tersebut. Seluruh peserta menjalani sejumlah pemeriksaan kesehatan antara lain Berat Badan (BB), Lingkar Perut, Tensi, Cek Gula Darah, Asam Urat dan Kolesterol. Selain itu tersedia layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) yang merupakan test untuk mengetahui status HIV dan Screening TB dengan memberikan pot sputum. Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Timbulnya PTM dipicu berbagai faktor diantaranya gaya hidup tidak sehat seperti merokok, pola makan tidak sehat, dan kurang aktivitas fisik.

Sebagai langkah awal mencegah PTM adalah dengan melakukan cek kesehatan secara rutin. Hasil pemeriksaan tersebut dapat memberikan gambaran terkini kondisi kesehatan seseorang, termasuk ketika terdapat faktor risiko PTM sehingga dapat dilakukan berbagai upaya pencegahan sedini mungkin agar segera mendapatkan penanganan. Demikian pula dengan penyakit menular seperti HIV/AIDS dan TB, diperlukan screening untuk mengetahui status sedini mungkin agar dapat segera dilakukan pengobatan sekaligus mencegah terjadinya penularan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mencegah PTM dan Penyakit Menular.

Pos terkait