Personel Jaj Kodim 0207/Simalungun Laksanakan Komsos Bersama Warga Ajak Gotong-royong Guna Antisipasi Banjir dan DBD

Simalungun  |  Kebersihan Pangkal Kesehatan. Pepatah lawas yang masih terngiang didalam benak kita. Namun pepatah tersebut masih dapat kita gunakan sebagai motivasi kita dalam menjaga kebersihan. Kalimat tersebut masih ampuh kita gunakan untuk menghimbau dan mengarahkan orang-orang disekitar kita untuk menjaga kebersihan. Seperti yang dilakukan salah satu personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/Raya jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Mahdan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi sosial dan Koordinasi tatap muka dengan warga Binaan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menghimbau warga untuk menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah penyebaran penyakit DBD dan waspada tentang bencana alam, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kelurahan Sondi Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun, Jumat (23/12/2022).

Pada kesempatannya Sertu Mahdan melaksanakan Komunikasi Sosial ( Komsos ) dan berkordinasi kepada warga diwilayah binaannya untuk mengingatkan warga tentang perlunya menjaga kebersihan diwilayah binaan tersebut. Terutama dikarenakan curah hujan yang tinggi, hal tersebut dapat memiju banjir terjadi, apalagi jika parit dan selokan dipenuhi dengan sampah, itu akan meningkatkan potensi banjir. Selain itu jika banyak sampah yang berserakan baik sampah pelastik,maupun wadah makanan atau sampah lain yang dapat menyimpan air dan mengakibatkan air menggenang, sudah pasti hal tersebut akan dijadikan nyamuk demam berdarah sebagai media bertelur. Hal ini akan mengakibatkan pertumbuhan nyamuk meningkat dan kerawanan akan penyakit Demam Berdarah akan meningkat pesat. Kata Babinsa Menjelaskan.

Bacaan Lainnya

Babinsa mengarahkan warga untuk melaksanakan gotong royong, menghimbau agar warga mengatur jadwal agenda kegiatan untuk pelaksanaan kerja bakti gotong royong dilingkungan wilayah binaannya. Selain itu  melakukan sosialisasi kepada warga binaan, tentang standard kebersihan lingkungan. mulai dari kebersihan rumah, lingkungan tempat tinggal serta selokan dan parit. Karena penyumbatan dan genangan air merupakan penyebab utama Banjir dan penyakit DBD. Mencegah lebih baik daripada mengobati, tuturnya.

Pos terkait