Persnone Jajaran Kodim 0208/Asahan Dampingi Tim Kesehatan Tracing Kepada Masyarakat Terpapar Covid-19

Asahan  |  Upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19 terus dilakukan, dalam hal ini Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kisaran jajaran Kodim 0208/Asahan Serka Syafriman turun kewilayah binaan untuk melaksanakan tracing kepada masyarakat terpapar Covid an. Deviani Siregar bersama Bidan Puskesmas Mutiara Bidan Dini (Bidan Desa Kelurahan Siumbut baru), Mawaddah (Bidan Puskesmas Mutiara) dan Salman (Suami Pasien), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Kangkung Lingkungan VI Kelurahan Siumbut umbut Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Kamis (10/06/2021).

Seperti halnya dilakukan Babinsa Serka Syafriman mendampingi Tim Contact Tracing dari Puskesmas untuk melaksanakan tracing warga terkonfirmasi positif Covid -19 dan kontak erat, keterlibatan Babinsa dalam pelaksanaan penelusuran kontak erat yang pernah terpapar, sebagai tindakan percepatan penanganan kasus Covid-19, kegiatan pendampingan Tracing merupakan bagian tugas TNI untuk menghentikan Pandemi. “Babinsa yang merupakan ujung tombak satuan teritorial di lapangan di harapkan dapat menjadi agen pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan terhadap penyebaran Virus Corona di wilayah tugas dan tanggung jawabnya sehingga dapat di ambil tindakan deteksi dini dan cegah dini, agar tidak semakin meluas,” tandasnya.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menghentikan Pandemi Covid 19. Guna mengendalikan laju penyebaran virus tersebut. Salah satunya dengan mengidentifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 dengan istilah contact tracing, tujuanya untuk menghambat penyebaran infeksi ke kerumunan besar atau komunitas melalui pemutusan rantai transmisi. Contact tracing dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan penderita virus corona, yang juga akan memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus ini tidak menyebar semakin luas. Tugas dari tim Contact Tracing adalah menemukan Kasus baru, pelacakan kontak erat, Edukasi kepada masyarakat, pemantauan kasus konfirmasi dan kontak erat.

Pos terkait