Peringatkan Warga Agar Waspada Terhadap Kejahatan Jelang Lebaran Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Pematang Siantar  |  Kodim meningkatkan peran Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk menciptakan keamanan di desa, khususnya masyarakat yang ingin mudik agar terhindar dari aksi kejahatan seperti pencurian harta benda, hal tersebut ditegaskan para Babinsa diwilayah binaannya, dalam kesempatan tersebut seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Siantar Utara jajaran Kodim 0207/Simalungun Serka HRP Sihombing turun kewilayah desa binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan warga masyarakat binaan dalam rangka menghimbau kepada warga agar selalu waspada terhadap kerawanan pencurian menjelang Lebaran dengan menyampaikan agar setiap akan berpergian agar tidak lupa mengunci pintu untuk menghindari terjadinya kemalingan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Sumber Jaya II Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar, Jumat (24/03/2023).

“Jadi, kita tingkatkan peran Babinsa agar berkoordinasi dengan aparat desa dan pihak terkait di desa, untuk menciptakan kondisi keamanan di masyarakat di desa,” kata Serka HRP. Sihombing, belum lama ini. Menurutnya, peran Babinsa untuk membantu masyarakat dalam menciptakan keamanan di desa selama ini sangat efektif, karena mampu mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di masyarakat. Selain itu, para Babinsa juga melakukan pendataan terhadap warga yang mudik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman masing-masing, sehingga ketika ada rumah warga yang kosong, maka kemudian hal tersebut dikoordinasikan dengan aparat desa agar dilakukan pengawasan bersama.

Pengawasan ini, kata Babinsa, bertujuan untuk menciptakan rasa aman di masyarakat dari ancaman kehilangan harta benda akibat pencurian, saat rumah warga ditinggal untuk mudik Lebaran. “Jadi, dengan ada peran Babinsa, masyarakat yang merayakan hari raya di kampong halaman masing-masing semakin lebih nyaman,” kata Serka HRP. Sihombing menambahkan. Selain itu, guna memudahkan masyarakat yang melakukan mudik Hari Raya Idul Fitri, TNI di jajaran Kodim juga ikut membantu pihak kepolisian dan pihak terkait, guna membantu melancarkan arus mudik pengguna jalan. Selain itu, pihaknya juga meningkatkan peran Babinsa dalam mendukung tugas Polri saat mudik lebaran, seperti membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan apabila sewaktu-waktu kendaraan yang digunakan mogok, lalu kemudian informasi tersebut disampaikan ke posko guna mendapatkan bantuan, pungkas Serka HRP. Sihombing.

 

 

Pos terkait