Pangdam I/BB Pimpin Acara Pengalihan Komando Dan Pengendalian Yonif 126/KC Dari Korem 022/PT Ke Brigif 7/RR Dan Yonif 121/MK Brigif 7/RR Ke Kodam l/BB

  • Whatsapp

Pematang Siantar  |  Pangdam l/BB Mayjen TNI Hassanudin S.I.P., M.M. Memimpin acara pengalihan  komando dan pengendalian Yonif 126/Kala Cakti dari Korem 022/Pantai Timur ke Brigif 7/Rimba Raya dan Yonif 121/Macan Kumbang Brigif 7/Rimba Raya ke Kodam l/Bukit Barisan menjadi Yonif Mekanis 121/Macan Kumbang Kodam l/Bukit Barisan di Aula Mako Yonif 126/KC Desa Perjuangan Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara, Kamis (28/10/2021).

Bacaan Lainnya

Turut mendampingi Bapak Pangdam l/BB dalam Kunker ke Yonif 126/KC Irdam Brigjen TNI Suko Basuki, Kapoksahli Brigjen TNI Junaedi S.A.P, Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, S.I.P, Komandan Brigadir Infanteri (Danbrigif) 7/RR Kolonel Infanteri Muhammad Faizal Nasution, S.I.P, Asintel Kolonel Inf Tri Joko, Asops Kolonel Inf Kristomi S, Asren Kolonel Inf Parsaoran Sirait S.Ap, Aslog Kolonel Inf Andri Andreana S.I.P, Aster Kolonel Inf Susanto Lastua Manurung, Aspers Kolonel Kav Berto Sp Capa S.Sos, Kapendam Kolonel Inf Donal Erikson Silitonga Dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan beserta Pengurus.

Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin S.I.P., M.M menyampaikan sesuai keputusan Kasad Nomor Kep/491/Viii/2021 Tanggal 18 Agustus 2021 tentang Pengesahan Penataan Alih Komando Dan Pengendalian (Kodal) Satuan Di Kodam I/Bukit Barisan, untuk lebih mengefektifkan Pengendalian, Pengawasan Dan Pengoperasionalan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam I/Bukit Barisan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pembentukan Yonif Mekanis 121/Macan Kumbang merupakan bagian dari penataan Organisasi TNI Angkatan Darat guna menghadapi ancaman sesuai perkembangan lingkungan strategis global yang makin dinamis dan beragam. Sebab Yonif Mekanis merupakan pasukan Infanteri yang termekanisasi dan dibekali dengan kendaraan tempur infanteri sebagai kendaraan pengangkut personel. Dimana saat ini Yonif Mekanis 121/Macan Kumbang telah dilengkapi dengan kendaraan tempur Anoa.

Perubahan Yonif 121/Macam Kumbang menjadi Yonif Mekanis 121/Macam Kumbang diikuti dengan pengalihan kodal yang semula dibawah Brigif 7/Rimba Raya dialihkan ke Kodam l/Bukit Barisan guna lebih meningkatkan efektifitas pengen-dalian, pengawasan dan koordinasi serta salah satu upaya untuk menjaga keseimbangan, kesiapan operasional dan pembinaan satuan.

Peralihan Kodal Yonif 126/Kala Cakti dari Korem 022/Pantai Timur ke Brigif 7/Rimba Raya guna melengkapi organisasi Yonif jajaran Brigif 7/Rimba Raya.

Saya berharap kepada para unsur pimpinan yang terkait dengan pelak-sanaan alih kodal beserta staf dan segenap jajaran komandonya untuk melanjutkan program latihan serta menyesuaikan program kerja dan anggaran yang sedang dan akan dilaksanakan oleh satuan yang dialih-kodalkan untuk membina kesiapan operasional dalam rangka mewujud-kan  Prajurit TNI  Angkatan Darat yang profesional.

Sebagai Prajurit TNI Angkatan Darat, saya tekankan agar loyalitas kepada satuan dan institusi  tetap diatas segala-galanya, sehingga prajurit di jajaran Kodam l/Bukit Barisan, saya pastikan mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Di akhir amanatnya Pangdam l/BB mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Danrem 022/Pantai Timur dan Danbrigif 7/Rimba Raya yang selama ini telah membina satuan-satuan di bawahnya menjadi Batalyon yang profesional dan tangguh.

Tampak hadir dalam acara pengalihan  komando dan Pengendalian Yonif 126/Kala Cakti dari Korem 022/Pantai Timur ke Brigif 7/Rimba Raya dan Yonif 121/Macan Kumbang Brigif 7/Rimba Raya ke Kodam I/Bukit Barisan menjadi Yonif Mekanis 121/Macan Kumbang Kodam I/Bukit Barisan, Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, S.I.P, Komandan Brigadir Infanteri (Danbrigif) 7/RR Kolonel Infanteri Muhammad Faizal Nasution. S.I.P dan Para Dandim Jajaran Korem 022/PT.

Pos terkait