oleh

Minimalisir Pelanggaran, Prajurit Korem 022/PT Laksanakan Penyuluhan Hukum

Pematang Siantar – Pembekalan mengenai hukum terus dilakukan di tubuh TNI. Pasalnya, penyuluhan  itu dinilai sangat efektif untuk meminimalisir terjadinya suatu tindak pelanggaran seorang Prajurit.  Hal itu, dikatakan oleh Mayor Chk MJ Sembiring  , salah satu tim Kumdam I/BB  di Aula Makorem 022/PT jalan Asahan Km 3,5 Kecamatan Siantar Kabupaten langkat. Rabu (09/06/2021).

Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Asep Nugraha S.E.,M.Si.  yang diwakili Kasrem 022/PT Letkol Inf Elri Priyanto dalam sambutannya Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan Ridho-Nya kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan lahir maupun bathin, sehingga pagi ini kita dapat hadir dan berkumpul bersama dalam rangka mengikuti kegiatan penyuluhan hukum yang akan disampaikan oleh Tim Teknis Penyuluh Hukum dari Kumdam I/BB.

 

Selaku Komandan Korem 022/PT dan pribadi saya mengucapkan selamat datang kepada Tim Teknis Penyuluh Hukum dari Kumdam I/BB yang telah berkenan hadir ditengah-tengah kita untuk memberikan penyuluhan hukum kepada para prajurit dan PNS Korem 022/PT.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi wahana menambah ilmu tentang peraturan dan hukum yang berlaku di organisasi TNI Angkatan Darat serta berbagai kegiatan yang berpotensi menjadi pelanggaran semata, namun juga  bagaimana upaya dan solusi dalam menghadapi pelanggaran yang sering ditemukan dalam satuan, karena kita ketahui bersama sampai saat ini masih ada oknum prajurit yang melakukan pelanggaran, khususnya desersi dan asusila.

Oleh karena itu, diharapkan kegiatan penyuluhan hukum ini, dapat meningkatkan pengetahuan sekaligus sebagai pencerahan kepada prajurit  dan Pegawai Negeri Sipil tentang sanksi hukum maupun tindakan disiplin yang diterima bagi para prajurit dan PNS yang melakukan pelanggaran hukum, sehingga ke depan  akan lebih mawas diri dalam bertindak dan berperilaku, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pelaksanaan tugas.

Untuk itu saya minta kepada seluruh anggota yang hadir pada hari ini, agar   memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.   Ikuti dan dengarkan semua materi yang disampaikan oleh Tim Penyuluh Hukum dari Kumdam I/BB, serta tanyakan apabila ada hal yang kurang dipahami, sehingga sasaran yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya menyampaikan beberapa penekanan kepada para unsur pimpinan di satuan jajaran Korem 022/PT sebagai berikut :

Pertama, agar selalu mengingatkan dan memonitor kegiatan-kegiatan anggotanya baik pada waktu jam dinas maupun di luar jam dinas untuk mencegah kasus-kasus pelanggaran anggotanya.

Kedua, meningkatkan pelaksanaan penyuluhan hukum, pembinaan satuan dan pembinaan mental guna menekan angka pelanggaran sekecil mungkin.

Ketiga, mempercepat proses penindakan hukum, disiplin dan tata tertib terhadap pelaku pelanggaran untuk tegaknya Kumplintatib di lingkungan Korem 022/PT.

Keempat, mengevaluasi setiap pelanggaran yang terjadi di masing-masing satuan, sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pembinaan satuannya.

Akhirnya, mari kita tingkatkan kesadaran hukum untuk mencegah pelanggaran dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai benteng serta landasan dalam berperilaku positif, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menjalankan tugas. Untuk itu, jagalah hati dan pikiran dalam setiap langkah dan jangan pernah batasi diri untuk melakukan sesuatu yang baik.

Turut mengikuti kegiatan penyuluhan hukum antara lain Kasrem 022/PT, para Kasirem 022/PT,Perwakilan Satdisjan Jajaran Rem 022/PT, para perwira, Bintara dan  Tamtama Jajaran Korem 022/PT.

 

 

 

 

 

 

News Feed