Meski Dengan Alat Sederhana, Satgas TMMD Kodim 0207/Simalungun Semangat Pindahkan Material Sasaran Fisik

  • Whatsapp

Pematang SIantar  |  Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Kodim 0207/Simalungun harus melewati perjuangan berat, seluruh bahan bangunan harus diangkut dengan alat seadanya melalui jalan berlumpur. Anggota TNI dibantu warga melangsingsir pakai bettor dan memikul material itu menggunakan alat seadanya, mereka melintasi jalan yang licin, dalam hal ini pada pembangunan bendungan air yang dilaksanakan bertempat di wilayah Kampung Gunung Kelurahan Bp Nauli Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematang Siantar, Selasa (21/09/2021).

Ditempat terpisah Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka, S.Sos selaku Dansatgas TMMD ke-112 mengatakan, pengangkutan material bangunan yang menjadi hambatan dalam pembangunan sasaran fisik di desa ini karena semua material harus angkat secara manual dan pakai bettor/sorong. “Batu, pasir semua diangkat dengan cara di pakai bettor/pikul saat hujan untuk kendaraan tidak bisa masuk karena jalan yang berlumpur” kata Dansatgas.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut disampaikan Dandim bahwa material diangkut secara manual oleh masyarakat bersama anggota Satgas TMMD, itu pun kalau jalan memungkinkan, Bila hujan turun, jalan sangat licin mereka harus ekstra hati-hati. “Meski demikian saya berharap semua program fisik utamanya bisa selesai sebelum penutupan TMMD mendatang”, ujarnya.

Sementara salah satu warga setempat mengatakan, selama ini material bangunan di Kampung Gunung Kelurahan Bp Nauli tersebut memang menjadi kendala utama. “Sebagai contoh saja, kalau hujan turun jalan licin, berkat swadaya anggota Satgas bersama masyarakat sedikit demi sedikit material bisa sampai sasaran, semangat para Satgas TMMD juga sangat kental terlihat selama pelaksanaan TMMD di Kampung Gunung ini. Warga dan anggota Satgas bahu-membahu mengerjakan setiap program yang dilaksanakan di desa ini,” tuturnya.

Karena sejumlah material tidak bisa didrop sampai ke titik pekerjaan fisik TMMD sementara alat pelangsir juga terbatas, sejumlah anggota Satgas TMMD bersama warga tidak pernah kendor semangatnya, saat harus memindahkan material dengan alat seadanya, tak ada istilah patah semangat meski dengan alat seadanya kami dengan warga terus bersemangat melangsir material, baik batu, semen dan jenis material lainnya. Semua pekerjaan harus selesai sebelum TMMD usai, maka kami harus kerja keras, ungkap salah satu angota Satgas TMMD Kodim 0207/Simalungun.

Pos terkait