Mengikuti Kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat Dan Kawasan Tanpa Rokok Oleh Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Simalungun  |  Mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia. Kini setidaknya masih ada triple burden atau tiga masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi.

Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tiga Balata jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Safrijal Lubis turun kewilayah binaan untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kantor Pangulu Jorlang Hataran Kecamatan Desa Sibunga-bunga Kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun, Jumat (24/06/2022).

Pada pelaskanaan kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) tersebut turut serta dihadiri oleh, Pangulu Jorlang Hataran Bapak Firdaus Damanik, Babinsa Koramil 09/TB Serda Safrijal Lubis, Team Penyuluh Puskesmas Tiga Balata Bapak Nursalam Butar Butar, Ibu Elita Simanjuntak dan Ibu Fitri Simanjuntak, Seluruh Perangkat Nagori Jorlang Hataran dan Tokoh Masyarakat.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut untuk perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, penyakit menular seperti diare, tuberkulosa hingga demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui; kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner.

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih, sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Program ini memiliki beberapa fokus seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan pemukiman yang layak huni. Ketiganya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat, terangnya.

Pos terkait