Laksanakan Pendampingan Hanpangan Bersama Petani Singkong Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan

Batu Bara  |  Guna mencapai hasil panen yang memuaskan, Babinsa bersama Petani melakukan pemantauan perkembangan atau pertumbuhan dan perawatan pada tanaman singkong yang berada di wilayah binaannya, kegiatan ini merupakan mensukseskan program pemerintah di bidang Ketahanan Pangan. Oleh karena itu para Babinsa dituntut selalu berperan aktif pada setiap hal yang berkaitan dengan pertanian, dalam membantu petani membersihkan area pertanian warganya. Pendampingan yang saya lakukan ini, guna meningkatkan kualitas hasil panen. Sehingga nantinya hasil panen singkong menjadi maksimal, sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam kesempatan tersebut seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Lima Puluh jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Adi turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan membantu pendampingan masyarakat selaku petani, kegiatan Wanwil/Hanpangan kebun singkong milik bapak Leham seluas 4 hektar,membantu membersihkan gulma agar pupuk yang sudah ditabur bisa diserap oleh tanaman ubi tersebut dengan baik, karena ketahanan pangan ini sangat penting untuk mendukung kehidupan masyarakat dalam menghadapi krisis pangan yang kemungkinan saja bisa terjadi untuk itu Babinsa dan masyarakat harus bekerja sama dan saling mendukung hingga program ketahanan pangan ini bisa berjalan dengan baik, bersama dengan Bapak Leham, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lima Puluh Kota Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, Sabtu (22/06/2024).

Bacaan Lainnya

Dengan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan pendampingan ketahanan pangan tanaman ubi bersama masyarakat dengan tujuan untuk membersihkan lahan Ubi agar dapat meningkatkan Produksi dan mengurangi Hama pada Tanaman Ubi, pada kesempatan tersebut Babinsa Sertu Adi mengungkapkan, saya melakukan pendampingan langsung dilapangan, dengan mengecek kondisi tanaman serta ikut membersihkan rumput yang tumbuh di antara tanaman singkong milik Bapak Leham, dengan demikian tanaman singkong tidak terserang hama maupun penyakit, tanaman Singkong atau ketela pohon tidak banyak membutuhkan air, sehingga dapat digunakan sebagai makanan alternatif penganti beras, dan juga bisa dibuat untuk makanan cemilan. Namun singkong tersebut, diperuntukkan untuk pengolahan Tepung Tapioka yang pada saat dipanen nantinya an dijual ke luar daerah, imbuhnya.

Pos terkait