Korem 022/Pantai Timur Gelar Sosialisasi Binkom AGHT Cegah Konflik Sosial

  • Whatsapp

Pematang Siantar – Guna meningkatkan peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial, Korem 022/Pantai Timur  gelar acara pembinaan komunikasi AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan) konflik sosial di Aula Makorem 022/Pantai Timur Jalan Asahan Km 3,5 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Senin ( 05/04/2021).

Kegiatan yang bertema “Melalui Binkom kepada masyarakat, kita tingkatkan peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial di Wilayah Jajaran Korem 022/Pantai Timur ,” Kegiatan  tersebut di hadiri oleh Kasrem 022/PT Letkol Inf Erli Priyanto  mewakili Komandan Korem 022/PT  Kolonel Inf Asep Nugraha S.E.,M.Si dan Ketua Tim I Giat  Binkom AGHT Sintelad yang diketuai Kolonel Inf Azwar Usman.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Kasrem 022/PT Letkol Inf Erli Priyanto membacakan Sambutan Danrem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugraha S.E.,M.Si,mengucapkan selamat datang kepada Kolonel Inf Azwar Usman dan rombongan serta seluruh peserta di Korem 022/Pantai Timur.

Harapan kita bersama, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan komponen masyarakat dalam menganalisa dan mengantisipasi setiap perkembangan situasi yang terjadi, sehingga tidak menjurus kepada terjadinya konflik sosial di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Negara Indonesia merupakan suatu bangsa yang memiliki keanekaragaman suku, agama, ras dan budaya. Pada satu sisi hal ini merupakan suatu kekayaan bangsa yang secara langsung ataupun tidak langsung dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat. Namun pada sisi yang lain kondisi ini dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan nasional apabila terdapat ketimpangan pembangunan, kesenjangan sosial dan ekonomi serta tidak terkendalinya kehidupan dinamika di negeri ini.

Sejak Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 sampai sekarang, keberlangsungan pembangunan nasional tidak pernah bebas dari ancaman keamanan. Dengan terdapatnya berbagai gejolak yang membahayakan keamanan nasional mulai dari pemberontakan, terorisme, separatisme, kerusuhan dan hingga terjadinya konflik sosial yang menjadi pengalaman buruk bagi bangsa ini.

Saat ini juga bangsa kita sedang dihadapkan dengan berbagai ujian yang berhubungan dengan Pandemi Covid 19 maupun persoalan lainnya yang berpotensi munculnya konflik sosial di tengah masyarakat.

Konflik sosial tersebut dipicu adanya perbedaan, baik perbedaan kepentingan, kebudayaan maupun perubahan sosial yang terjadi di masyarakat yang mengakibatkan goyahnya norma dan nilai-nilai sosial.

Sehubungan dengan itu, saya mengajak kita semua untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tengah situasi yang melanda saat ini, apabila terdapat hal-hal yang mengarah pada situasi konflik, segera melaporkan kepada pihak yang berwenang guna mencegah terjadinya konflik tersebut agar tidak menyebar ke masyarakat lainnya.

Peran Prajurit TNI AD juga sangat dibutuhkan untuk membangun kesadaran dan pemahaman kepada seluruh komponen masyarakat, agar selalu bersinergi dalam menghadapi setiap permasalahan dan  tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang dapat memecah kesatuan dan persatuan bangsa, sehingga bangsa ini aman dan terhindar dari perpecahan.

Walaupun secara umum situasi keamanan di wilayah ini aman dan terkendali, namun kondisi ini tidak boleh membuat kita lengah. Kita harus tetap waspada dan  berhati-hati  terhadap setiap indikasi dan kecenderungan yang mengundang kerawanan dan ancaman yang bisa mengganggu stabilitas keamanan wilayah.

Oleh karena itu,  marilah kita jaga komitmen, sinergi, keterpaduan dan saling menjaga keharmonisan hubungan demi terwujudnya ketenteraman, kedamaian dan keamanan wilayah masing-masing, karena sesungguhnya kekuatan kita sebagai bangsa yang besar, ada pada toleransi, tenggang rasa, saling menghargai dan menghormati serta menyadari perbedaan, namun lebih melihat kesamaan sebagai bangsa yang bermuara pada persatuan dan kesatuan yang kokoh.

Akhirnya, mari kita simak bersama kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga informasi dan pengetahuan ini dapat dipahami dan dipedomani. Tanyakan hal-hal yang belum dimengerti, sehingga materi yang disampaikan oleh narasumber dapat diimplementasikan di lapangan.

Sementara itu, Kolonel Inf Azwar Usman mengajak kita semua untuk selalu bekerja sama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah berbagai permasalahan yang terjadi.

Ia juga meminta kepada peserta Binkom untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila terdapat hal-hal yang mengarah pada potensi konflik di sekitar tempat tinggal masing-masing, sehingga upaya preventif dapat ditempuh guna menghindari kerugian.

Giat Binkom AGHT Konflik Sosial  menghadirkan Narasumber dari Pusintelad yaitu  Mayor Inf Jahrul Fahmi (pabanda Anev Proggar Spaban I/Ren Sintelad).

 

Pos terkait