oleh

Kompak Koramil 16/Laguboti Dengan Instansi Terkait Adakan Peyuluhan Ketahanan Pangan Dalam Rangka Menghadapi Covid-19

Toba  |  Dalam rangka menghadapi Covid-19, Personel Bintara Pembina Desa Koramil 16/Lagubti Kabupaten Toba, Ikut Serta Memberikan Pelatihan pembuatan Pupuk Organik yang dipusatkan di Desa Siraja gorat kecamatan Laguboti dengan Nara Sumber kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik (kompos) dari Penyuluh Dinas ketahanan pangan Kab. Toba Apul H.simajuntak yang melibatkan sekitar 40 orang terdiri dari PPL kec. Laguboti, Kepala Desa Siraja gorat, Babinsa Koramil 16/Laguboto, Kadus Desa Soraja gorat, Gapoktan serta para Petani sewilayah Desa Siraja gorat Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba, Rabu (07/10/2020).

Adapun tujuan dari kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik tersebut adalah Pertanian Alami Selaras Alam dengan biaya rendah untuk Meningkatkan kesuburan tanah , Memperbaiki struktur dan karakteristik tanah, Meningkatkan kapasitas serap air tanah, Meningkatkan kesibukan mikroba tanah, Meningkatkan kualitas hasil panen (rasa, nilai gizi, dan jumlah panen) Menyediakan hormon dan vitamin bagi tanaman serta menekan pertumbuhan/serangan penyakit tanaman, Meningkatkan retensi/ketersediaan hara di di dalam tanah.Terdapat perbedaan yang mendasar pada tanah yang diberi perlakuan bersama dengan pupuk kompos bersama dengan diberi perlakuan tanpa kompos (pupuk anorganik). Tanah yang diberi pupuk anorganik secara tetap menerus akan mengalami penurunan kualitas unsur hara dan akan menaikkan kekerasan struktur tanah.

Dalam Kegiatan tersebut Babinsa Koramil 16/Laguboti Koptu O. Nainggolan mewakili Danramil 16/Laguboti Lettu Inf A. Sidabutar mengatakan kami sebagai Babinsa diwilayah Koramil 16/Laguboti Kodim 0210/TU dalam hal ini melaksanakan pendampingan kepada para Petani akan terus selalu Memantau Pelaksanaan Pelatihan pembuatan pupuk organik (kompos), karna ini juga tugas TNI sebagai pendampingan petani khususnya Padi dan jagung. Oleh sebab itu kami sebagai Babinsa wajib memantau serta pendampingan kepada petani, karena selain menjaga keamanan wilayah Desa beserta Masyarakatnya, TNI bersinegritas mengawal pertanian sebagai ketahanan pangan yang harus di pertahankan. Oleh karena itu kami berharap petani menjadi lebih baik lagi demi Ketahanan Pangan di Kec. Laguboti, Kab. Toba.

News Feed