Kebersamaan antara Babinsa Koramil 04/SB dan  Petani Bersihkan Rumput di Lahan Jagung

 

 

Bacaan Lainnya

TerobosNews. P.siantar- Koramil 04/Siantar barat  Jajaran Kodim 0207/Simalungun  Pelda Erwinsyah melaksanakan kegiatan pendampingan hanpang perawatan jagung pembersihan gulma dan mengusir hama tikus dimusim hujan  usia tanam 75 hari milik bapak Mansyur seluas 5 rante Poktan Setia kawan Kel. Bahkapul Kec. Santar Sitalasari Pematangsiantar.Selasa (2/4/2019)

 

Babinsa Pelda Erwinsyah menjelaskan, sebelum jagung ditanam, lahan perlu dibersihkan dari gulma dan tanaman liar.” Gulma seperti alang alang, rumput teki, semak dan pohon perdu disiangi sampai keakar akarnya. Gulma itu dibakar, abunya ditaburkan ke lahan sebagai kompos untuk kesuburan tanah. Gulma jangan dikubur, karena dikawatirkan akan munculnya hama seperti rayap dan semut,” ungkap Pendampingan.

 

Selain itu, katanya lagi, alang-alang dan rumput teki bisa tumbuh kembali apabila hanya dikubur di dalam tanah. Selain gulma, pohon pohon besar yang tumbuh di sekitar lahan dan berpotensi menghalangi masuknya sinar matahari sehingga bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman jagung.‎

 

” Dengan adanya kegiatan itu tanaman jagung yang ditanam akan tumbuh dengan baik dan hasil yang akan dicapai petanipun akan melimpah. Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL karena dengan adanya pendamping Petani maka segala kendala yang dihadapi petani di lapangan akan terpecahakan,” ucap pelda Erwinsyah.

 

Di lokasi, pelaksanaan kegiatan pendampingan pertanian dengan ikut melakukan kerja membersihkan rumput di lahan jagung yang dilakukan oleh Babinsa sangat disambut baik oleh Petani, hal ini terlihat dari antusias petani dalam membersihkan rumput yang mengganggu tanaman jagung terlihat sangat semangat meskipun panas matahari terik dan menyengat badan. (d.s)

 

 

Pos terkait