Kasrem 022/PT Hadiri Perayaan Natal Oikumene Kota Pematang Siantar

Pematang Siantar  |  Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., yang diwakili Kepala Staf Korem (Kasrem) 022/Pantai Timur Letkol Inf T Yoppy Hutasoit turut serta menghadiri Perayaan Natal Oikumene Pemerintah dan Masyarakat Kota Pematang Siantar Tahun 2022, dalam Perayaan Natal Oikumene tersebut yang digelar di Lapangan H Adam Malik Kota Pematang Siantar, Selasa (27/12/2022).

Acara Perayaan Natal Oikumene Pemerintah dan Masyarakat Kota Pematang Siantar Tahun 2022 diawali dengan prosesi yang diikuti dr Susanti bersama panitia dan Forkopimda yan dilanjutkan penyalaan lilin Natal oleh dr Susanti, disusul Pengkhotbah, Ketua Umum Panitia, Ketua DPRD, Ketua Panitia Pelaksana dan Forkopimda.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut Walikota Pematang Siantar dr Susanti dalam arahan dan bimbingannya menerangkan, Desember merupakan bulan yang penuh dengan anugerah dan cinta kasih, khususnya bagi umat Kristiani. Di bulan ini, umat Kristiani memeringati atau merayakan peristiwa penting, yakni kelahiran Sang Juru Selamat Tuhan Yesus Kristus. Kelahiran Yesus Kristus ke dunia, katanya, memberikan cerminan Dia sangat mengasihi umat-Nya. Selain itu, ia datang ke dunia dalam wujud manusia untuk memberikan teladan. Perayaan Natal diharapkan menjadi momentum untuk mengingat manusia harus saling mengasihi, saling menjaga, dan terus menyalakan lilin-lilin kebaikan yang memberi cahaya dalam kegelapan. “Dengan semangat perayaan Natal, diharapkan seluruh umat Kristiani dapat meningkatkan keimanan diri, dengan tekad akan bekerja dan melaksanakan tugas lebih baik lagi,” sebut dr Susanti.

Masih kata dr Susanti, tantangan ke depan akan semakin berat. Dalam kondisi tersebut, kita tidak boleh terpecah dan terpisah. Persatuan harus semakin dipererat tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Sesuai tema perayaan Natal Oikumene, yaitu Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya melalui Jalan Lain (Matius: 2:12b), dan sub tema Dengan Berjalan Bersama, Kita Dimampukan untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat untuk Membangun Kehidupan dari Keterpurukan setelah Pandemi Covid-19 menuju Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. “Saya berharap perayaan Natal Oikumene ini tetap mengedepankan segala kebaikan dan saling menjaga satu dengan yang lainnya. Apalagi mengingat toleransi di Kota Pematang Siantar telah terbangun baik selama ini. Tetaplah menjaga kedamaian, junjung tinggi persatuan. Semoga Natal membawa kedamaian dan kebahagiaan,” kata dr Susanti, dan mengucapkan Selamat Hari Natal serta Selamat Menyambut Tahun Baru.

Ditempat yang sama Danrem 022/PT diwakili Kasrem 022/PT menyatakan perayaan Natal Oikumene tersebut merupakan perayaan Natal Oikumene pertama setelah pandemi Covid-19, kiranya damai kasih Natal membawa harapan baru, semangat baru, dan motivasi baru bagi kita semua dalam memajukan Kota Pematang Siantar yang kita cintai bersama, sebagai insan yang diselamatkan harus mewujudkan kasih Allah dalam kehidupan sehari-hari, dengan senantiasa hidup dalam persaudaraan yang erat dan perdamaian bagi sesama umat manusia. “Natal adalah perayaan keselamatan yang dapat dirayakan oleh siapapun dan dalam situasi apapun, karena setiap orang merindukan keselamatan dalam hidupnya. Karena itu Natal adalah saat yang tepat memupuk cinta kasih dan toleransi dengan menghargai perbedaan dan menjunjung nilai-nilai toleransi serta menjaga kebersamaan, kebhinekaan, memperkuat rasa persaudaraan sesama anak bangsa untuk memperbarui semangat pengharapan di hati kita masing-masing, mampu merefleksikan rasa kasih kesetiakawanan dan solidaritas sebagai cermin keimanan,” terangnya.

Dalam perayaan Natal tersebut dilaksanakan Bakti Sosial dengan penyerahan 13 unit kursi roda bagi kaum difabel, 50 karung beras dan 100 paket sembako untuk warga tidak mampu dengan secara simbolis. Kemudian dilaksanakan acara ibadah, khotbah oleh Pdt Donald Sinaga MA MAg, dan hiburan.

Turut hadir dalam Perayaan Natal Oikumene Pemerintah dan Masyarakat Kota Pematang Siantar Tahun 2022 tersebut, Pemimpin dari berbagai Denominasi Gereja se-Kota Pematang Siantar, Danrem 022/Pantai Timur diwakili Kasrem 022/PT, Danrindam I/BB diwakili Mayor Edmond Sitepu, mewakili Dandim 0207/Simalungun, Kajari Pematang Siantar diwakili Siti Martiti Manullang SH, mewakili Dandenpom 1/I Pematang Siantar, mewakili Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, jajaran Pemko Pematang Siantar, Organisasi Pemuda, Organisasi Masyarakat dan lainnya.

Pos terkait