Dengan Melalui Personel Koramil 02/Siantar Timur Jajaran Kodim 0207/Simalungun Laksanakan Pul Data Ter

  • Whatsapp

Pematang Siantar  |  Dalam rangka menyajikan data yang ter update/terbaru di desa binaan, Data teritorial sangatlah penting bagi satuan komando kewilayahan, karena terlaksananya kegiatan pembinaan teritorial berpedoman pada data teritorial, seperti dalam program ketatalaksanaan pembinaan teritorial, suatu kegiatan penyusunan administrasi sesuai pentahapannya meliputi pengumpulan data teritorial, analisa kejadian yang dituangkan dalam tabulasi data, membuat rencana pembinaan teritorial dan laporan kegiatan pembinaan teritorial kepada satuan komando atas,maka data teritorial sangatlah penting dan harus selalu diperbaharui dengan koordinasi dengan pemerintah daerah. Seperti halnya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Siantar Timur jajaran Kodim 0207/Simalungun Serka R Sinurat turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Pul Data Ter diwilayah binaan bersama Apem setempat dalam rangka untuk memperbaharui data kewilayah, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kantor Lurah Pardomuan Jalan Jurung Kecamatan Siantar Timur Kota Pematang Siantar, Rabu (21/07/2021).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serka R Sinurat mengungkapkan sebagai Babinsa saya harus mampu menguasai wilayah, mulai dari geografi, demografi dan kondisi sosial masyarakat, guna menunjang pelaksanaan tugas-tugas Babinsa di wilayah, selain itu juga kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan koordinasi dengan aparat desa dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di desa, ungkap Babinsa Serka R Sinurat.

Bacaan Lainnya

Salah satu tugas Babinsa di desa binaan adalah mendata yang meliputi Data Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial suatu wilayah. Pada kesempatan komsos tersebut, Babinsa Serka R Sinurat menyampaikan data suatu wilayah dapat berubah-ubah setiap waktu dan kapan saja, tergantung situasi dan kondisi wilayah itu sendiri dalam menekan penyebaran Covid-19, yang sedang merebak di wilayah Indonesia agar jangan sampai mewabah di wilayah kita ini, diperlukan data terbaru, karena data yang kami peroleh tersebut  langsung kami serahkan kepada Danramil sebagai bahan laporan ke komando atas, sekecil apapun perubahan data akan kami laporkan, karena itu merupakan kondisi nyata dilapangan, jelasnya.

Ditempat terpisah Danramil 02/Siantar Timur Kapten Inf D Sembiring menegaskan, Tugas Babinsa adalah melaksanakan kegiatan Kewilayahan, untuk mewujudkan Ketahanan Wilayah dan Kemanunggalan TNI bersama Rakyat. Salah satu upayanya yaitu dengan mendata Wilayah Binaannya yang meliputi Geografi, Demografi maupun Kondisi Sosial secara berkala agar mengetahui perkembangan Wilayah Binaan. Kepada Babinsa agar selalu aktif melaksanakan Giat Puldata Ter. Karena Data Teritorial penting bagi terlaksananya kegiatan Pembinaan Teritorial sesuai Program Kerja Koramil, dan harus selalu diperbaharui agar mempunyai Data terbaru tentang Kewilayahan, tegas Danramil.

 

Pos terkait