Danrem 022/PT Pimpin Apel Gelar Pasukan Satgas Pam VVIP Kunker Presiden RI Ke Wilayah Kabupaten Nias Utara Dan Nias Barat

Pematang Siantar  |  Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., memimpin apel kesiapan pengamanan VVIP kunjungan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo di wilayah Kabupaten Nias Utara dan Nias Barat, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lapangan Pelita Kecamatan Gunung Sitoli Kota Gunung Sitoli, Selasa (05/07/2022).

Bacaan Lainnya

Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., selaku Dansatgas Pamwil menyampaikan, apel gelar pasukan bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dalam menjalankan tugas mengamankan RI-1 beserta rombongan yang akan melaksanakan Kunker di Kabupaten Nias Utara dan Nias Barat.

Korem 032/Kawal Samudra bersinergi dengan Polres Nias, Pemkab Nias dan unsur pendukung lain yang terlibat dalam melaksanakan tugas Pam VVIP kunker Presiden RI selama di wilayah Kabupaten Nias Utara dan Nias Barat memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai Komando yang efektif dan efisien. Agar tujuan dan sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat tercapai secara optimal, ujarnya.

Apel gelar pasukan ini merupakan sarana untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai protap pengamanan VVIP, sehingga dalam pelaksanaannya tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur. “Jadikan apel gelar ini sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun serta bila terjadi kendala dilapangan dapat segera di atasi,” tegas Danrem.

Lebih lanjut Danrem 022/PT menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini, dimaksudkan untuk mengecek kesiapan dari seluruh unsur yang terlibat dalam pengamanan VVIP sehingga dari masing masing bagian mengetahui tugas dan tanggung jawabnya, “ Saya tegaskan agar seluruh personil yang terlibat, memahami sesuai tugas dan tanggung jawab yang diberikan dan laksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab baik yang bersifat individu atau kelompok, harus menguasai tugas pokok dan tidak lepas dari jalur pelaksanaan Pengamanan VVIP, termasuk penempatan pasukan sesuai dengan lingkungan yang dihadapi secara professional,” pungkasnya.

Dari seluruh personel yang terlibat dalam apel gelar pasukan ini, terdiri dari gabungan TNI dan Polri serta beberapa instansi terkait yaitu Basarnas, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, hingga Satpol PP Kabupaten Nias.

Dalam kesempatan tersebut, selaku Dansatgaspamwil Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., menegaskan, bahwa tujuan diselenggarakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP ini adalah untuk mempertegas komitmen tugas dan tanggung masing masing bagian serta mengecek secara fisik tentang kesiapan, personel maupun materiil yang akan dilibatkan dalam pengamanan nanti, tutupnya.

Personel yang terlibat dalam pengamanan VVIP kunjungan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo di wilayah Kabupaten Nias Utara dan Nias Barat tersebut diantaranya dari TNI 983 orang, Polri 1.305 orang dan Pemda 310 orang, dengan jumlah keseluruhan 2.597 orang.

Para Pejabat yang menghadiri kegiatan tersebut antara lain, Danrem 022/PT, Bupati Nias Utara, para Dandim Rem 023/KS, para Kasi Rem 023/KS, Kapolres Nias, Danyon 125/SMB.

Pos terkait