Cegah Menyebar ke sekitar Tetangga, Babinsa Koramil 02/Selesai  Dampingi Kegiatan Tracing Contact Erat Tercomfirmasi Covid-19 warga yang Terpapar Covid -19.

  • Whatsapp

Selesai – Babinsa Koramil 02/Selesai Pelda Rajali bersama Bidan Desa dan tim gugus tugas Covid-19 Puskesmas melaksanakan kegiatan tracing terhadap warga yg kontak langsung terhadap pasien yg terpapar Covid-19 utk memutus mata rantai penyebaran Covid-19  bertempat di Dusun  Pasar satu Desa Padang cermin Kec. Selesai Kab. Langkat, Selasa ( 7/09/2021).

Kedatangan tim ini untuk melakukan tracking terhadap warga yang Kontak erat dengan pasien positif Covid-19, “Tentu dilacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu,” kata Pelda Rajali  di sela-sela kegiatan.

Bacaan Lainnya

Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus Corona.

Selama ini para Bidan Desa dan Tim dari Puskesmas menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona.

“Akan tetapi titik kesulitannya, tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen, oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Kabupaten kampar melibatkan TNI dan Polri dalam kegiatan tracing contact,’ bebernya

Pelda Razali  juga menyampaikan dari aparat TNI – Polri bisa membantu bidan desa dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen. Kemudian, melakukan kegiatan tracing dari tim Puskesmas dengan pendampingan Babinsa serta ada relawan Posko PPKM

“Tidak semua warga mau menerima kenyataan yang telah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan tak jarang yang menolak untuk dites swab atau rapid antigen,” ujarnya.

Akan tetapi, berkat pendekatan tracing contact dari Babinsa bersama tim tracing dari Puskesmas padang Cermin  warga yang tercatat kontak erat akan melaksanakan rapid tes antigen, “Kegiatan ini terus kita jalankan guna memutus mata rantai virus Covid-19,” pungkasnya.

 

Pos terkait