Babinsa Koramil 16/Bu Sertu Borkat Barus Bantu Petani Bersihkan Hama Gulma Di Kel. Nangka Kec. Binjai Utara

 

 

Bacaan Lainnya

TerobosNews. BINJAI, 11 Maret 2019, Sertu Borkat Barus selaku Babinsa Koramil 16/BU kodim 0203 Lkt Melaksanakan kegiatan Hanpang dalam rangka meningkatkan swasembada pangan dalam bidang pertanian bertempat di Jln. AR. Hakim Lingkungan lll Kel. Nangka Kec. Binjai Utara.

 

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Program Swasembada pangan bersama para petani/poktan adalah mengamati hama dan merawat tanaman padi, pada hari ini Babinsa Sertu Borkat melaksanakan pencabutan/pembersihan Hama Gulma. Karena ini merupakan salah satu tugas kita bersama-sama untuk memantau sejauh mana perkembangan tanaman, apakah terserang hama wereng ataupun hama lainnya, sehingga nantinya tidak mengganggu kwalitas hasil panen ataupun gagal panen.

 

Sertu Borkat Barus, selaku Babinsa mengingatkan kembali kepada Bpk. Adi apabila terjadi penyebaran hama pada tanaman lainnya agar segera menyemprotkan pestisida jenis Buprosida. Luas sawah sekitar 8 Rante dan ditanam padi jenis bibit padi ciherang dengan di dampingi oleh PPL Ibu Mimi, SP. serta PPK Ibu Nurmala, SP. agar nantinya bibit padi dapat tumbuh baik dan sempurna sehingga dapat meningkatkan hasil panen.

 

Selanjutnya, Sertu Borkat Barus selaku Babinsa di Desa binaan tersebut menyampaikan kepada para Petani, agar lebih aktif dan giat memanfaatkan lahan pertanian/sawah, khususnya lahan persawahan untuk penanaman padi. Apabila para Petani kedepannya dapat menanam padi secara serentak, maka dapat menghindari serangan hama penyakit pada tanaman padi. Namun jika ditemui adanya serangan, para Petani segera beritahu Babinsa, sehingga dapat disampaikan kepada penyuluh pertanian maupun dapat disalurkan ke Dinas Pertanian agar hama yang menyerang tanaman padi dapat teratasi dan tidak sampai menularkan virus pada tanaman padi yang lain.

 

Diharapkan dengan kerjasama yang baik antara Babinsa, Petani, Poktani, PPL dan para Masyarakat di seluruh Desa binaannya dapat membantu dan meningkatkan hasil panen padi sehingga tercipta swasembada pangan yang dicanangkan Pemerintah. Selain itu terjalin kedekatan dan kemanunggalan TNI – Rakyat di lingkungan Masyarakat. (Dim0203/Lkt)

 

 

Pos terkait