Babinsa Koramil 10/Belimbingan Hadiri Rapat Mensosialisasikan program mengimpenterisasi kelembagaan P3A Kepada Masyarakat Saribu Asih

 

 

Bacaan Lainnya

TerobosNews. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Belimbingan Serda TA. Patar Napitupulu menghadari rapat mensosialisasikan program mengimpenterisasi kelembagaan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) kepada Masyarakat yang terletak di Nagori Saribu Asih Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun, Jumat (29/03/2019).

 

Dalam kegiatan tersebut turut hadir anatara lain, Camat Hatonduhan diwakili Bpk S. Sirait. Pangulu Nagori Saribu Asih Bpk Waster Manurung. Konsultan Pendukung Kabupaten Simalungun Bpk R. Nainggolan. Tenaga Pendamping Masyarakat Bpk Puja Pramadi. Ketua Maujana Saribu Asih Bpk H. Sitanggang. Para Anggota Maujana Nagori Saribu Asih. Para Gamot Nagori Saribu Asih. Masyarakat Nagori Saribu Asih.

 

Pada kegiatan tersebut Wadah Konsultan Pendukung Kabupaten Simalungun mengungkapkan perkumpulan Petani Pemakai Air merupakan himpunan bagi petani pemakai air yang bersifat sosial-ekonomi, budaya, dan berwawasan lingkungan. P3A dibentuk dari, oleh, dan untuk petani pemakai air secara demokratis, yang pengurus dan anggotanya terdiri dari unsur petani pemakai air. P3A dalam satu daerah pelayanan sekunder tertentu dapat bergabung sampai terbentuk GP3A. GP3A dalam satu daerah irigasi tertentu dapat bergabung sampai terbentuk IP3A.

Pemberdayaan P3A, GP3A, dan IP3A dilaksanakan melalui kegiatan motivasi, pelatihan, penyerahan kewenangan, fasilitasi, bimbingan teknis, pendampingan, kerjasama pengelolaan dan audit pengelolaan irigasi. Hubungan kerja antara P3A, GP3A, dan IP3A bersifat kerjasama, koordinatif, dan konsultatif yang selanjutnya diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga masing-masing menurut wilayah kerjanya.

Mengenai lembaga tradisional kepengurusan air yang sudah ada dan P3A yang sudah dibentuk pada saat berlakunya Keputusan Menteri ini tetap diakui keberadaannya dan diarahkan untuk senantiasa mendapat dukungan anggota secara demokratis, ungkap Bpk R. Nainggolan.

 

 

Pos terkait