oleh

Aparat Keamanan Bersinergi Bergerak Lakukan Operasi Yustisi Cegah Penyebaran COVID-19

Tanjung Balai  |  COVID-19 sejauh ini belum mereda dan penyebarannya melalui transmisi lokal masih cukup tinggi sehingga seluruh masyarakat harus terus waspada. Untuk mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Tanjung Balai, maka Personil Koramil 10/Sei Kepayang jajaran Kodim 0208/Asahan, Sertu M Simanjunntak dan Kopda MD Sihombing turut serta melaksanakan kegiatan Operasi Yustisi dan menghimbau masyarakat memakai masker yang bekerjasama dengn Polres Tanjung Balai, DPP Kasubbag Polres Tanjungbalai IPTU AD Panjaitan dan 6 ( Enam ) orang Personil Polres Tanjung Balai. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jalan Jendral Sudirman menuju Jalan Gereja Kotamadya Tanjung Balai, Kota Tanjung Balai, Senin (28/09/2020).

Operasi Yustisi ini merupakan operasi pendisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat agar selalu menerapkan apa yang menjadi maksud dan tujuan diantaranya menggunakan masker saat keluar rumah. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menertibkan dan mendisiplinkan masyarakat agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah serta menghimbau masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan lainya tentu untuk mencegah penyebaran COVID-19. Saat melaksanakan razia, aparat keamanan menghimbau masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) utamanya selalu menggunakan masker saat beraktifitas keluar rumah, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Babinsa Sertu M Simanjunntak Simanjuntak mengucapkan, “Adanya operasi ini tentunya akan mendisiplinkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker di tengah pandemi seperti sekarang ini,” ucapnya.

Penegakan hukum yang diberikan kepada pelanggar yang tidak menggunakan masker untuk saat ini adalah dengan memberikan himbauan dan edukasi secara humanis, selain itu Babinsa juga memberikan masker gratis kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker. “Untuk saat ini sanksi yang diberikan kepada para pelanggar adalah berupa hukuman lisan maupun tulisan dan merawat fasilitas jalanan seperti menyapu jalanan. Apabila kembali ditemukan pelanggaran tidak menggunakan masker maka sesuai dengan dengan Pergub Nomor 46 Tahun 2020 dan Perbup Bangli Nomor 39 Tahun 2020 akan dikenakan sanksi berupa denda sebnyak Rp.100.000 kepada pelanggar yang tidak menggunakan masker” ungkap Babinsa Kopda MD Sihombing. “Harapan kita adalah semakin baiknya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak terpapar COVID-19 sekaligus nantinya memutus mata rantai penyebarannya” tutup Babinsa.

News Feed